Cawagub Jatim Puti Guntur Soekarno, Berjanji Prioritaskan Disabiltas

Cawagub Jatim Puti Soekarno Putri menemui penyandang disabilitas di Kabupaten Blitar

Blitar : Calon Wakil Gubernur Jawa Timur nomor urut dua Puti Guntur Soekarno, menyatakan penanganan kaum disabilitas haruslah menjadi skala perioritas. Menurutnya, para penyandang disabiltas memiliki hak – hak yang haruslah dipenuhi layaknya masyarakat pada umumnya. Puti Guntur Soekarno yang berpasangan dengan Saifullah Yusuf yang diusung PDI Perjuangan dan sejumlah partai pengusung ini  menilai, saat ini masih sangat kurang fasilitas yang ramah bagi penyandang disabilitas.

Seperti, toilet, taman dan jalan raya  serta masih banyak fasilitas umum lainnya yang sepenuhnya mengakomodir kebutuhan penyandang disabilitas. Hal tersebut disampaikan Puti saat berkampanye menemui komunitas disabilitas di Desa Darungan Kecamatan Kademangan Kabupaten Blitar, Minggu (8/4/2018).

Dihadapan para penyandang disabilitas, Puti menegaskan  penyandang disabilitas tidak boleh di nomor duakan melainkan harus sama – sama diperioritaskan, Karena kebutuhan tersebut adalah hak hidup mereka untuk bertahan hidup. Tanggungjawab tersebut bukanlah hanya pada keluarga  tetapi juga pada pemerintah.

“Ini menjadi perioritas dan jika terpilih kami berjanji akan membangun insfrastruktur yang ramah bagi  kaum disabilitas. Tidak hanya itu pendidikan gratis bagi penyandang disabilitas juga harus diperhatikan. Ada program Dik Dilan, program ini disiapkan sebagai akses penddidikan gratis bagi mereka. Untuk memenuhi kebutuhan para penyandang disabilitas seperti fasum kita akan bekerja sama dengan pemerintah kabupaten/kota, karena dari segi penggunaan kawasan fasilitas banyak yang menjadi milik kabupaten/kota”. Paparnya.

Selain itu ,Puti juga menyiapkan program Superstar,program tersebut akan mewadahi para penyandang disabilitas yang mengembangkan usaha yang digelutinya. Seperti usaha konveksi dan makanan olahan serta kerajinan  serta usaha lainnya yang bersinggungan dengan UMKM. “Ini harus kita dorong  melalui program superstar, didalamnya ada pemberdayaan UMKM memberikan akses perbankan, permodalan, penguatan melalui pelatihan serta akses pemasaran, sehingga usahanya berkembang dan menghasilkan.” Ungkapnya.

Seusai melakukan dialog dengan para penyandang disabilitas, Puti bersama rombongan  langsung melanjutkan safarinya  ke sejumlah tempat di Kabupaten Blitar. Diantaranya  menemui pelaku usaha mikro mebeler, menemui pengunjung lokasi wisata serta melihat pertunjukan seni di Candi Sawentar Kanigoro. ( Moch.Asrofi)

 

Tinggalkan Balasan