Candi Miri Gambar Peninggalan Angkling Darma Yang Terlantar

Tulungagung – Sejumlah candi peninggalan agama Budha yang terdapat di Kabupaten Tulungagung kurang mendapat perawatan dari pihak pemerintah setempat maupun masyarakat. Salah satunya adalah Candi Mirigambar yang terletak di Kecamatan Kalidawir Kabupaten Tulungagung.

Candi Mirigambar tersusun dari bata menghadap ke arah barat, dengan ditandai tangga masuknya yang berada di bagian sisi barat candi.

Namun Saat ini Candi Mirigambar sudah tidak lengkap lagi karena bagian atap candi sudah tidak ada lagi, yang tersisa hanya bagian kaki dan batur serta sedikit bagian badan candi. Seharusnya Pada bagian kaki terdapat 11 panil relief namun saat ini tinggal terdapat empat panil relief, dua diantaranya telah rusak.

Dari pantauan reporter jtvmataraman.com dilapangan, Candi Mirigambar yang memiliki ukuran panjang 8,50 m, lebar 7,70 m dan tinggi 2,35 m ini, kondisinya mengenaskan, disebagian bangunan candi di penuhi dengan lumut dan tumbuh rumput liar.

Dalam mitos setempat Candi Mirigambar dikenal pula sebagai Candi Anglingdharma. Hal ini didasari oleh keberadaan relief bersayap yang dipercaya sebagai penggambaran burung mliwis putih dalam cerita Anglingdharma.

Tinggalkan Balasan