Bupati Tulungagung Maryoto Birowo, Dorong Petani Kembangkan Budidaya Alpukat

Tulungagung JTV mataraman.com : Bupati Tulungangung Maryoto Birowo melakukan penanaman pohon alpukat secara simbolis di lahan seluas 3 hektar Desa Beji, Kecamatan Boyolanggu , Kabupaten Tulungagung, Sabtu (15/09/2020).
Bupati Maryoto mengatakan budidaya alpukat sangat baik untuk di kembangkan di Kabupaten Tulungagung , karena lahan di Tulungagung ini sangat subur bisa dimanfaatkan apapun dan hasilnya selalu baik.

”Kami akan dorong lewat kebijakan pemerintah mengembangkan tanaman buah – buahan seperti budidaya tanaman alpukat , lahan pertanian masih luas dan jika dikelola dengan teknologi tepat bisnis budidaya alpokat sangat menguntungkan.”Kata Maryoto Birowo (15/09/2020).

Penanaman pohon alpukat ini diprakarsai oleh Andri , Ratno dan Budi Sanjaya dengan pendampingan dari Mohamad Iskandar Pemilik pembibitan Blitar raya , ketiganya merupakan petani Hortikultura. Ketiganya membudiayakan alpukat dengan tujuan selain untuk melestarikan lingkungan , menurutnya budidaya alpukat mampu menghasilkan buah alpukat bernilai jual tinggi dan bagian lainnya juga bernilai ekonomis.

”Kami bertiga tertarik budidaya alpukat selain bisnis menguntungkan, permintaan buah alpukat cukup tinggi di pasaran dan jumlahnya sangat terbatas. Konsumen buah tidak hanya rumah tangga dan kuliner dan buah alpukat sudah masuk industri. Hal ini membuka celah bagi kami bertiga untuk memanfaatkan budidaya alpukat yang menguntungkan ini .” Tutur Andri dkk kepada JTV Mataraman.com

Lanjut Andri , lima jenis unggulan alpukat yang di budidayakan yakni Markus. Aligator, Columbus, Mikki dan Suban dan kelima jenis ini sudah menjadi trend di kalangan petani , karena sekali panen atau setiap pohon rata – rata berbuah 100 hingga 150 buah dengan istimasi perbuah bisa berbobot antara 1 hingga 2 kilogram.

Mohamad Iskandar . Pendamping Budidaya alpukat milik Andri dkk ini mengatakan sudah menyiapkan tim untuk melakukan pendampingan hingga hasilnya bisa dipanen. Mulai pengolahan lahan , mengatur jarak tanam , kedalaman lubang tanam dan penyiraman , pemupukan dan pemangkasan, pengendalian hama dan penyakit serta tahap panen.” Pendampingan terus kita lakukan agar tanaman tumbuh dan berbuah dengan baik , hasilnya panennya bisa melimpah.” Ucap Moh. Iskandar.

Lanjut Moh. Iskandar saat ini pihaknya banyak sekali mendampingi pembudidaya alpukat di berbagai daerah di Indonesia seperti Kalimantan, Sulawesi .Sumatera dan beberapa daerah Pulau jawa. Mereka membudiyaan lima jenis alpukat terutama jenis unggulan alpukat markus dan aligator yang buahnya berukuran jumbo.]
“Respon Bupati Tulungagung Maryoto Birowo sangat baik , menjadi penyemangat budidaya alpukat pemula . Lebih – lebih orang nomor satu di Tulungagung akan mendorong melalui kebijakan pemerintah daerah, tentu ini menjadi peluang bisnis menjanjikan bagi petani alpukat di tulungagung. ”Pungkasnya. (Asf)

Tinggalkan Balasan