Bupati Blitar Pimpin Pemusnahan Belasan Ribu E – KTP

Blitar – Sebanyak 15.637 keping e-KTP dimusnahkan dengan cara di bakar di depan kantor Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dispendukcapil) Kabupaten Blitar ,Kamis (20/12/2018).

Pemusnahan dipimpin langsung oleh Bupati Blitar Drs.H.Rijanto, MM dan disaksikan unsur Forpimda serta sejumlah kepala SKPD.

Pemusnahan tersebut sebagai langkah menindaklanjuti surat kawat dari Kementrian Dalam Negeri RI Nomor 470.13/11156/SJ tentang Penatausahaan KTP-El yang sudah tidak terpakai.

Bupati Blitar H. Rijanto menyampaikan pembakaran ini sebagai antisipasi maraknya permasalahan tercecernya KTP-El yang sudah tidak terpakai.

“Kemarin-kemarin banyak yang beredar hingga ditemukan orang. Hal ini tentu perlu di waspadai, khawatir di salah gunakan orang apalagi ini tahun politik.” Tutur orang nomor satu kabupaten Blitar.

Diketahui pembakaran ini merupakan pemusnahan KTP-El yang kedua. Pertama sebanyak 3.100 keping KTP-El di bakar dan sebanyak 12.537 keping untuk pemusnahan hari ini. Sehingga di total sebanyak 15.637 keping KTP-El yang dimusnahkan.

Selain sebagai antisipasi, pemusnahan tersebut juga dalam rangka pengamanan asset atau dokumen negara. Rencananya minggu depan Dispendukcapil bergerak bersama Satpol PP akan bekerja sama terkait pengumpulan maupun pengontrolan e-KTP yang tidak terpakai di desa maupun di kecamatan. (Ervin)

Tinggalkan Balasan