Bupati Blitar Lantik 31 Kepala Desa Hasil Pilkades serentak 2018

Blitar – Sebanyak 31 Kepala Desa se Kabupaten Blitar dilantik, kamis (27/12/2018) di Pendopo Agung Ronggo Hadinegoro. Pelantikan tersebut menjadi langkah awal untuk membangun desa di Kabupaten Blitar.

Pelantikan kepala desa tersebut di hadiri oleh Bupati Blitar, H. Rijanto, Wakil Bupati Marhaenis UW, Ketua DPRD, Kapolres Blitar Kota, Kapolres Blitar ,Dandim 0808 Blitar, Sekdakab Blitar, seluruh kepala Organisasi Perangkat Daerah ,
Ketua Anggota Desk Pilkades Kabupaten Blitar, Pengurus PKK dan Darmawanita, Kepala Desa dan BPD.

Pelantikan kades tersebut merupakan hasil pemilihan kepala desa serentak di kabupaten Blitar yang dilaksanakan pada tanggal 9 oktober 2018 yang lalu sesuai Keputusan nomor 18851640906 KPTS 2018 Tentang Pengesahan dan Pengangkatan Kepala Desa 2018-2024.

Bupati Blitar dalam sambutannya mengatakan kepala desa harus mampu memberdayakan perangkat, kelembagaan, tokoh masyarakat, tokoh agama, tokoh pemuda dan segenap elemen masyarakat desa.

“Semuanya harus menyatukan niat, gerak dan langkah bagi kemajuan desa dan kesejahteraan masyarakat yang dipimpin.” Kata Bupati Blitar H. Rijanto

H. Rijanto berpesan agar Kades yang baru dilantik mampu mengentaskan kemiskinan dan melakukan terobosan serta inovasi-inovasi dalam penyelenggraan pemerintahan untuk mengurangi ketimpangan antar wilayah dalam pembangunan.

Diketahui sebanyak 31 Desa dari 17 kecamatan di lantik. Sebelumnya di tahun 2016 telah melantik sebanyak 28 desa dan hari ini merupakan gelombang kedua pelantikan kades di kabupaten Blitar. Di tahun 2019 nanti akan ada 164 desa di seluruh 22 kecamatan menyelenggarakan pemilihan kepala desa secara serentak.

Suhendro Winarso Kepala bagian Pemerintah menyampaikan sesuai UU nomor 6 2014 ketentuannya adalah bahwa pemerintah daerah bisa melaksanakan pilkades serentak paling banyak 3 kali dalam waktu 6 tahun.

“Spirit yang bisa saya sampaikan yaitu tidak ada orang yang pintar itu sendirian. Jadi lebih bagus pendapat banyak orang dari pada berfikir sendirian. Maka untuk rekan-rekan kades yang baru di lantik ini adalah langkah awal untuk saudara-saudara semuanya mengawali tugas mengabdi kepada masyarakat yang bisa dilakukan adalah belajar, sering berkomunikasi dan berkoordinasi agar mampu menjadi pelayan yang baik .” Harap Suhendro. (Ervin)

Tinggalkan Balasan