Bupati Blitar Gelar Apel Kebangsaan Hari Santri Nasional

Blitar – Bupati Blitar H. Rijanto, senin (22/10/2018) pagi bertempat di halaman pemerintah kabupaten Blitar di Kanigoro memimpin apel kebangsaan Hari Santri Nasional (HSN) yang ke-4 tahun 2018.
Hari santri nasional ini mengambil tema ‘Dedikasi Santri Untuk Indonesia Mandiri’. Hadir dalam peringatan ini Forum Pimpinan Daerah (Forpimda) kabupaten Blitar, para kyai, ulama, dan perwakilan pondok pesantren serta ribuan santri dan peserta upacara.

Dalam sambutannya bupati Blitar H. Rijanto menyampaikan amanat menteri agama RI bahwa di tetapkannya hari santri merupakan babak baru dalam sejarah umat islam Indonesia. “Sejak di tetapkannya hari santri itulah, kita setiap tahun memperingati hari santri yang merupakan wujud relasi harmoni antara pemerintah dan umat islam terutama kalangan santri dan hari santri tahun ini merupakan memontum untuk mempertegas pioner perdamaian yang berorientasi pada spirit kamajuan islam di Indonesia.” Tutur H. Rijanto.

Berkaca pada sejarah hari santri merujuk pada keluarnya resolusi jihad pada tanggal 22 oktober 1945 yang memantik terjadinya peristiwa heroik 1945 di Surabaya yang kemudian di peringati sebagai hari pahlawan. “Resolusi jihad merupakan seruan ulama santri yang mewajibkan setiap muslim Indonesia untuk membela kedaulatan tanah air dan mempertahankan kemerdekaan Indonesia.” Tambahnya.

Sementara itu menurut kapolres Blitar AKBP Anissullah M. Ridho, dengan memperingati hari santri ini di harapkan para santri bisa menjadi tauladan dan semakin vokal dalam menyuarakan kebenaran dan meneladankan hidup damai serta menekan lahirnya konflik di tengah-tengah keragaman masyarakat.

“Selamat hari santri, marilah kita tebarkan kedamaian dimana pun kita berada.” Tutur Kapolres Blitar. (Ervin)

Tinggalkan Balasan