Bule Palestina Belajar Membatik Di Kota Madiun

Madiun – Almoeen Radwan Reda Yahia menggunakan dengan perlahan menggoreskan canting ke kain batik mengikuti polanya. WNA (25) asal Palestina ini tengah mempelajari membatik di galery Batik Murni di jalan Halmahera Kota Madiun.

Moeen merupakan mahasiswa Universita PGRI Madiun (Unipma) yang tengah menempuh ilmu manajemen.

Pengenalan budaya ini merupakan salah satu kegiatan dalam program Bahasa Indonesia bagi Penutur Asing (Bipa) yang diikuti oleh moeen.

Moeen cukup antusias dalam mempraktikan membatik mulai dari mencanting, pewarnaan hingga finsihng batik. “Membatik merupakan seni yang indah serta memiliki karakteristik” ujarnya,

Sri Murniati, pemilik galeri batik murni mangaku bangga dengan kedatangan  mahasiswa dari Palestina ini mau belajar membatik. Ini menunjukan jika batik memiliki daya tarik tidak hanya di lokal namun hingga mancanegara. “Kami berharap generasi muda Kota Madiun tidak perlu minder untuk belajar membatik” , Jelas Sri .

Batik pecel Kota Madiun memiliki beraneka ragam motif serta corak warna, batik pecel ini tidak hanya merambah pasar nasional namun juga sudah ke beberapa negara. (Kriswanto)

 

Tinggalkan Balasan