Bulan Ramadhan, Makam Sayid Abdurrohman Ramai Penziarah

Jombang – Selain memiliki banyak Pondok Pesantren (Ponpes) Kabupaten Jombang juga menyimpan sejumlah makam tokoh penyebar agama Islam. Salah satunya makam Sayid Abdurrohman adik dari Sayid Sulaiman yang kerap dikunjungi umat Islam dari berbagai daerah.

Makam tokoh  Islam Sayid Abdurrohman berada di kompleks masjid Desa Pagerwojo Kecamatan Perak, Jombang. Di hari-hari tertentu dan bukan ramadhan, makam ini selalu ramai peziarah.

“Para peziarah mengaji Al – Quran dan membaca tahlil di depan makam. Bahkan sering peziarah menghabiskan waktunya  hingga larut malam ataupun seharian penuh.” Jelas Irsyad, juru kunci makam Sayid Abdurrohman.

Lanjut Irsyat, Sayid Abdurrohman adalah penyebar agama Islam di Jombang dan sekitarnya. Beliau kakak dari Sayid Sulaiman yang makamnya di Desa Betek Kecamatan Mojoagung, Jombang.

“Keduanya merupakan cucu dari Sunan Gunung Jati, salah satu wali songo di Cirebon,” tmabhnya.

Makam Sayid Abdurrohman berada di kompleks pemakaman desa. Namun selalu ramai dengan peziarah dari berbagai daerah. Apalagi dalam 5 tahun terakhir ini, rombongan peziarah makam Sayid Abdurohman terus semakin banyak. (Saiful)

 

Tinggalkan Balasan