Budidaya Lebah, Condro Yekti  Ibu Rumah Tangga Asal Blitar Sukses Raup Untung Puluhan Juta.

Blitar Berbekal ketekunan dan keuletan Condro Yekti (50) seorang ibu rumah tangga asal Desa Bendorejo Kecamatan Udanawu Kabupaten Blitar, sukses menggeluti usaha budidaya lebah madu. Terbukti dari usahanya ini bisa mendapatkan penghasilan lebih Rp.20 juta sebulan.

Budidaya lebah bagi kebanyakan orang dianggap sangat berbahaya karena lebah sering me,ukai membuat kesakitan. Namun bagi Codro Yekti jutaan lebah ini seolah sudah menjadi teman baiknya. Walau tidak mengenakan pengaman sama sekalipun jutaan lebah tidak mau menggigit atau menyakiti.

Condro Yekti, memulai usaha budidaya lebah sejak pertengahan 2015 silam. Untuk beternak lebah, menurut Condro Yekti, awalnya memang sulit karena belum mengetahui teknik seperti cara membuat lebah betah tinggal di dalam kandang yang disediakan hingga bagaimana caranya lebah-lebah tersebut menghasilkan madu sesuai dengan yang kita inginkan.

Menyoal teknis budidaya lebah menurut Condro Yekti , memang bukan perkara mudah. Untuk memulai usaha ini perlu ketekunan dan ketelitian. Tidak hanya menyediakan box saja sebagai rumah bagi lebah dan sebagai makanannya. Namun harus rajin menggembalakan lebah-lebah tersebut di kebun yang banyak bunganya, misalnya kebun pohon randu, kebun kopi , kebun mangga, kebun buah rambutan dan sebagainya sesuai yang dinginkan pembudidaya.
“Kunci sukses usaha budidaya lebah madu terletak pada cara mengembangkan atau membudidayakannya secara baik dan benar. Sebab, kalau ternak lebah madu dipelihara dengan baik, akan menghasilkan madu dan turunannya yang ber­kualitas. Kunci lainnya memberi makan yang cukup,agar lebah tidak kabur dan betah tinggal di kotak yang disediakan hingga menghasilkan madu”.Tutur Condro Yekti.

Dengan ratusan boks lebah yang ia miliki , Condro Yekti mengakau bisa menghasilkan sekali panen 4 hingga 5 kwintal madu ,dengan harga jual per kilogram 180 hingga 250 ribu rupiah. Ada belasan jenis madu yang di hasilkan dari Budidaya lebah dengan harga bervariasi. Mulai dari kemasan botol dengan berat bersih 180 gram dijual dengan harga 40 hingga 50 ribu. Berat 660 gram dengan harga 120 hingga 175 ribu dan ada yang dijual 180 hingga 260 ribu per kilogram , tergantung jenis madu yang di hasilkan dari lebah.

“Alhamdulillah, omzet lumayan ,pesanan terus berdatangan dari berbagai daerah, blitar dan sekitarnya ada juga dari sejumlah kota – kota di jawa timur serta luar pulau jawa.”pungkasnya.

Madu yang dihasilkan dari budidaya lebah di tempat Condro Yekti , ini di jamin asli ( madu murni) dengan kemasan berbagai macam ukuran atau berat dengan label madu condro, anda penasaran silahkan dan buktikan kasiat madu murni dengan datang ke pembudidaya langsung. (M.Asrofi)

Tinggalkan Balasan