BPBD Provinsi Jawa Timur Identifikasi 29 wilayah Rawan Bencana, Termasuk Kediri

Kediri – Badan Penanggulangan Bencana Daerah Provinsi Jawa Timur, mencatat ada 29 daerah baik kota mau pun Kabupaten yang berpotensi rawan terjadi bencana. Dari 29 Daerah yang berpotensi tinggi terjadi bencana, Kabupaten Kediri termasuk di dalamnya.

Menurut keterangan Misdarno selaku Kasi Bidang Pencegahan dan Kesiapsiagaaan BPBD Provinsi Jawa Timur. Selain Kabupaten Kediri, ada beberapa daerah diantaranya yang rentan terjadi bencana antara lain di Wilayah Timur Lumajang, Kabupaten Malang, Jember, Banyuwangi dan Pacitan yang diidentifikasi potensial terjadi longsor dan banjir bandang.

“Sementara daerah lainya Sumenep, Tulunganggung, Trenggelak, Probolingo, Tuban, Gresik, Situbondo dan Surabaya potensi terjadi Banjir, gempa Bumi, Tsunasmi, dan Longsor. Selain gempa, pada saat musim kemarau seperti sekarang yang patut menjadi perhatian adalah bencana kekeringan.” Jelasnya.

Misdarno mengklaim BPBD Provinsi Jawa Timur memiliki cara untuk penanganan  bencana kekeringan.

“Salah satu cara yang sudah dilakukan yakni mendroping bantuan air bersih ke sejumlah wilayah kota mau pun kabupaten yang daerah terdampak kekeringan.” Tambahnya.

Disamping itu cara lainya yang dinilai efektif yakni dengan melakukan pembuatan Embung dan bio membran.Diakuinya, jika masih ada kendala pendistribusian bantuan air bersih dikarenakan keterbatasan armada yang dimiliki. (Beny)

 

Tinggalkan Balasan