BNN Tidak Temukan Unsur Pidana Terkait Temuan Kiriman Dari Luar Negri

Kediri – Badan Narkotika Nasional (BNN) Kota Kediri memaparkan temuan adanya bahan pembuatan narkotika dalam kiriman barang via e commerce. Selasa (03/4/2018). setelah melakukan uji laboratorium BNN Kota Kediri memastikan isi paket yang dikirim dari luar negeri, bukan termasuk ke dalam golongan narkotika dan obat terlarang.

Paket tersebut diketahui dikirim dari belanda, kepada D-R warga Kota Kediri” jelas AKBP Bunawar Kepala BNN Kota Kediri.

Petugas dari bea cukai mencurigai isi paket tersebut, setelah melalui mesin pemeriksaan x ray. Mereka kemudian berkoordinasi dengan BNN untuk memastikan isi paket.

“Kami kemudian melakukan pemeriksaan terhadap D-R, hasilnya pemeriksaan diketahui hanya cairan khusus untuk foto”, tambahnya.

D-R awalnya membeli cairan khusus untuk foto, penerima kemudian mencari cairan tersebut melalui sebuah situs jual beli online. Kemudia memesan cairan yang dari belanda, namun setelah datang ternyata cairan tersebut tidak sesuai dengan yang diinginkannnya.

“Dari hasil pemeriksaan laboratorium, isi paket tersebut berupa dua botol cairan yang mengandung bahan kimia aceric acid dan pseudoephederine, kedua bahan tersebut biasa digunakan dalam dunia farmasi  dan bisa diperjualkan dengan menggunakan surat keterangan khusus” tambah AKBP Bunawar.

Minimnya alat bukti dan jenis cairan yang tidak termasuk dalam golongan narkotika dan obat terlarang, akhirnya BNN Kota Kediri tidak melakukan penahanan terhadap D-R. (Beny)

Tinggalkan Balasan