BKD Madiun Temukan Benda Diduga Jimat Dari Peserta CPNS

Madiun – Sejumlah peserta seleksi kompetensi dasar (SKD) CPNS 2018 Kabupaten Madiun kedapatan membawa barang yang diduga jimat. Benda tersebut ditemukan petugas Satpol PP ketika melakukan penggeledahan fisik para peserta, sebelum pelaksanaan ujian di Wisma Haji Kota Madiun itu dimulai.

Hingga hari terakhir pelaksanaan tes, petugas masih menemukan sejumlah peserta seleksi kompetensi dasar (SKD) CPNS 2018 Kabupaten Madiun yang membawa jimat. Barang berupa rambut yang dibungkus kertas, gelang tasbih dan bungkusan yang berisi potongan kunir dan kacang kedelai masih ditemukan di saku peserta tes.

“Sehari sebelumnya, petugas juga menemukan dua buah plat besi sepanjang sekitar 10 sentimeter, lipatan kertas berbentuk persegi, dan sebuah koin Rp 500, barang- barang tersebut dipercaya peserta dapat meloloskan jadi abdi negara,” kata Endang Setyowati, Kepala BKD Kabupaten Madiun.

Pemeriksaan para peserta SKD memang cukup ketat, setidaknya ada lima kali protap penyaringan berbentuk pengecekan. Dimulai proses registrasi lewat pengecekan KTP dan kartu peserta, tas, dompet, handphone, sabuk, hingga perhiasan, dan larangan masuk ke ruangan ujian yang ada di lantai dua, barang tersebut harus dititipkan ke petugas .

Tubuh peserta diperiksa menggunakan metal detector oleh tiga petugas Badan Kepegawaian Daerah (BKD), proses sterilisasi peserta tidak hanya berhenti di situ saja. Mereka digeledah untuk kali kedua oleh empat petugas Satpol PP, ada temuan permen pun disita atau langsung makan di tempat. Bahkan peserta perempuan dibuatkan bilik khusus untuk pemeriksaan fisik tersebut. (Tova)

Tinggalkan Balasan