Bisnis Sampingan “ Ternak Sapi Potong “ Kades Di Blitar Berpenghasilan Puluhan Juta

Blitar –  Menjabat Kepala Desa tidak membatasi diri untuk tetap menggeluti dunia peternakan. Selain tambahan finansial, beternak  juga merupakan hoby tersediri. Itulah yang dilakukan oleh Hari Puwanto (45 th) Kepala Desa Jeding Kecamatan Sanan Kulon Kabupaten Blitar. Hari Purwanto merupakan satu dari 220 Kepala Desa di Kabupaten Blitar yang terbilang sukses menggeluti usaha ternak sapi potong.

Usaha sampingan yang dirintis sejak 2014 silam banyak mendatangkan keuntungan baginya. Bahkan dari hasil keuntungan  beternak yang didapat setiap bulan tak kurang dari 30 juta.  Hari Purwanto menuturkan bisnis sampingan awalnya hanya coba – coba karena melihat permintaan daging meningat dan adanya program pemerintah swasembada daging tahun 2014 lalu.

Hari Purwanto, beternak sapi potong jenis simental dan limusin ini bermula hanya lima ekor dan berkembang hingga sekarang sebanyak 20 ekor. Ia membeli sapi dari berat 400 hingga 500 kilogram di pelihara selama tiga bulan rata – rata beratnya mencapai 750 hingga 800 kilogram dengan pemeliharan khusus. Untuk setiap ekor ia jual dengan kisan 30 hingga 35 juta. “. Alhamdulillah, bisnis sampingan ini lumayan keuntungannya per ekor bisa 15 hingga 17 juta dalam waktu tiga bulan”. Tutur Hari Purwanto.

Saat ini Hari sendiri tengah mengembangkan bisnis beternak sampingan ini dengan menambah jumlah ternak sapinya dan kini sedangkan membangun lagi kandang berukuran 6 kali 20 meter yang akan bisa menampung 15 ekor sapi. “. Saya optimis usaha beternak sapi ini bisa bertahan, karena saat ini konsumsi daging sapi baik oleh konsumen rumah tangga atau industri dari tahun ke tahun meningkat Pungkasnya. (M.Asrofi)

Tinggalkan Balasan