Bioskop Era Modern Di Kota Kediri (bagian-2)

Kediri – Gedung Bioskop di era modern saat ini jelas berbeda dengan era 80an atau era tahun 90an. Gedung bioskop modern lebih mengedepankan kenyamanapn menonton dan yang jelas teknologi gambar sudah 4K atau Full HD serta sound systemnya juga sudah menggunakan teknologi dolby atmos yang suara surround – nya menggelegar.

Selain itu, kursi penonton juga dibuat senyaman mungkin, bahkan saat ini ada bioskop yang menyediakan kursi yang bisa direbahkan seperti tempat tidur, sehingga bisa menonton seperti menonton home theater di rumah. Sedangkan sajian makanan ringan hingga nasi juga tersedia di dalam gedung bioskop, sehingga penonton tidak kebingungan ketika perutnya lapar. Untuk tiket bioskop sendiri, juga tidak perlu antri beli diloket seperti dulu, karena saat ini bisa dipesan lewat online menggunakan aplikasi di gadget.

Perfilman Indonesia sebenarnya sempat terpuruk ketika era tahun 90an akhir, dimana film Indonesia yang laku hanya film film yang berkonten dewasa, sehingga banyak bioskop yang gulung tikar. Barulah di era milineum tahun 2000an film film Indonesia kembali merajai di bioskop tanah air, bahkan bisa mendapatkan perhargaan di tingkat Internasional, dan mulai saat itulah industri bioskop berkembang pesat.

Di Kota Kediri, saat ini hanya ada 3 gedung bioskop yang tetap eksis dan terus memutar film-film terbaru, baik film tanah air, film holywood, film mandirin ataupun film drakor (drama korea). 3 Gedung Bioskop di kota Kediri itu adalah : 

1. Golden Theatre

Bioskop ini berdiri sejak tahun 1988, dan menjadi satu-satunya bioskop di Kota Kediri yang terus eksis hingga saat ini. Berlokasi di Jl. Hayam Wuruk Kota Kediri dan bersebelahan dengan Golden Swalayan. Meskipun sempat terguncang akibat film dalam negeri yang mati suri, namun berkat keuletan pemiliknya Golden Theatre tetap bisa eksis hingga saat ini. Bahkan Golden Theatre dulunya hanya memiliki 2 studio, kini berkembang menjadi 5 studio dengan fasilitas yang modern.

2. Cinema XXI

Cinema XXI Kediri berada di Jl. Jendral Sudirman atau di kompleks Gedung Ramayana Mall lantai 3 Kota Kediri merupakan bekas gedung bioskop Kencana. Cinema XXI Kediri merupakan bioskop jaringan milik Cineplek 21 yang telah berkembang pesat dan hadir disejumlah kota besar di tanah air. Di Kota Kediri, bioskop yang dioperasikan oleh PT Nusantara Sejahtera Raya ini mulai tayang perdana tanggal 17 Mei 2020 dan memiliki fasilitas modern masa kini.

3. CGV

CGV Kediri adalah salah satu jaringan bioskop yang mulai operasional di Kota Kediri, tanggal 30 Agustus 2019. CGV di Kota Kediri berada di Kediri Mall, tepatnya di lantai tujuh. CGV sendiri merupakan perusahaan asal Korea Selatan yang menjadi pelopor Cineplex di Indonesia. CGV Kediri juga menampilkan fasilitas yang modern dengan 5 studio dan mempunyai kapasitas total 700 tempat duduk. (diolah dari berbagai sumber/habis)

Tinggalkan Balasan