Bioskop Bersejarah Di Kota Kediri (bagian-1)

Kediri – Dunia perfilman di Kota Kediri cukup nge-hits pada dekade tahun 80an hingga pertengahan tahun 90an. Sedikitnya ada 5 gedung Bioskop di Kota Kediri yang sempat berjaya dan menjadi tempat kencan remaja saat itu.

Gedung bioskop tersebut menjadi tempat andalan warga Kota Kediri untuk sekadar melepas lelah, menikmati romantisme akhir pekan, atau sekadar kencan bersama pacar.

Setiap harinya gedung bioskop tersebut memutar film-film unggulan, mulai dari box office, Bollywood hingga film buatan karya anak negeri.

Fenomena pembelian karcis dan antrean panjang untuk masuk dalam pintu bioskop menjadi hal yang indah sekaligus jadi tantangan. Karena saat itu umumnya penjaga pintu berperawakan besar dan bergaya ala preman.

Nostalgia zaman dahulu di bioskop menjadi cerita menarik tersendiri yang tak bisa dibandingkan saat ini. Seiring perkembangan zaman membuat satu per satu gedung bioskop itu mulai bertumbangan. Saat ini yang tersisa hanya tinggal kenangan, sebagian masih terlihat bangkai gedung tua dan terlihat mangkrak.

Inilah 5 Bioskop Kota Kediri di era jaman 80an hingga 90an yang sempat berjaya. 

1. Bioskop Jaya

Bioskop ini terletak di jalan Brawijaya Kota Kediri, tepatnya didepan Kantor Satlantas Polres Kediri Kota. Bioskop ini termasuk elit di masanya. Bioskop Jaya ini seringkali menjadi gerbang masuknya film-film baru di Kota Kediri.

2. Bioskop Garuda

Bioskop ini terletak di Jalan Yos Sudarso, terletak di kawasan pecinan dekat klentheng Kota Kediri. Di zamannya termasuk bioskop favorite di Kediri walau dari segmen yang berbeda. Bioskop ini lebih sering memutar film-film terbaru dari kawasan Asia.

3. Bioskop Kencana 

Bioskop ini dulu berada di Jalan Panglima Sudirman Kota Kediri, yang kini sudah beralih fungsi menjadi Ramayana Store. Bioskop ini biasanya memutar film India, film mandarin dan film Indonesia remaja. 

4. Bioskop Sentral

Bioskop ini terletak di Jalan Patimura Kota Kediri. Bioskop ini selevel dengan Bioskop Kencana, yaitu menyajikan film film dari hindustan dan film percintaan.

5. Bioskop Pagora

Bioskop ini dulunya sering memutar film remaja dan film percintaan ini berada di Kelurahan Setono Pande Kota Kediri. Bioskop ini juga sempat menjadi jujukan remaja dieranya. (diolah dari berbagai sumber/bersambung)

Tinggalkan Balasan