BI Kediri Siapkan Uang Tunai 4,38 T Untuk Ramadhan Dan Lebaran

Kediri – Pada Periode Ramadhan dan Lebaran 1441 Hijriyah, Dalam Siaran Persnya Kantor Perwakilan wilayah Bank Indonesia (KPwBI) Kediri menyiapkan kebutuhan uang tunai Rp 4,38 Triliun.Pada tahun ini kebutuhan uang tunai diperkirakan turun sebesar 14% (yoy) dibandingkan periode tahun lalu.

Kebutuhan tersebut telah memerhatikan antisipasi kebutuhan serta kebijakan dan stimulus pemerintah kepada masyarakat selama periode penanganan dampak pandemi Cobid-19, termasuk pelaksanaan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB).

Kebutuhan uang tunai (outflow) tertinggi pada periode Ramadan/Idul Fitri tahun ini akan terjadi pada Minggu ke-2 bulan Mei 2020, karena bersamaan dengan pembayaran Gaji dan THR pegawai ASN/TNI/POLRI Golongan 3 (tiga) ke bawah.

BI Kediri juga senantiasa mengimbau masyarakat untuk menggunakan transaksi pembayaran secara nontunai melalui digital banking, uang elektronik, dan QR Code Pembayaran dengan standar QRIS (QR Code Indonesian Standard).

Sofwan Kurnia, Kepala KPwBI Kediri mengatakan berbeda dari tahun sebelumnya, dalam memerhatikan aspek kemanusiaan dan kesehatan, layanan pemenuhan kebutuhan Uang Pecahan Kecil (UPK) uang kepada masyarakat hanya disediakan melalui loket di bank. “penukaran untuk masyarakat akan dilayani oleh 66 Kantor Cabang (KC) bank di seluruh wilayah kerja BI Kediri terhitung mulai dari tanggal 29 April sampai dengan 20 Mei 2020,” jelasnya.

Dalam rangka pencegahan covid-19, BI Kediri juga melakukan, penyediaan uang yang layak edar dan higienis, dengan melakukan karantina uang Rupiah selama 14 hari sebelum diedarkan. Serta menyemprot disinfektan pada area perkasan, sarana dan prasarana, serta memerhatikan higienitas SDM dan perangkat pengolahan uang. (ben)

Tinggalkan Balasan