Bawaslu Ponorogo Tangkap Tangan Kurir Timses Caleg DPRD, Puluhan Juta Uang Diamankan

Ponorogo – Nasip sial dialami seorang kurir tim sukses dari salah satu calon legeslatif DPRD Ponorogo. Ia kena Operasi Tangkap Tangan oleh warga, karena hendak membagikan uang untuk mencoblos Caleg yang sudah ditentukan.

Badan Pengawas Pemilu Kabupaten Ponorogo telah mendapatkan laporan seorang warga Desa Jenangan Kecamatan Jenangan Kabupaten Ponorogo. Dalam laporan tersebut, seorang warga berinisial A atau seorang kurir Timses warga setempat, dilaporkan hendak membagikan uang milik salah satu calon legislatif DPRD Ponorogo.

Warga berinisial A, beserta barang bukti uang senilai Rp 1.3 juta dan tiga lembar kertas bertulisan nama – nama warga yang hendak diberi uang langsung ditangkap dan diamankan. Setelah dimintai keterangan langsung dilaporkan ke Bawaslu untuk dilakukan proses lebih lanjut.

Marji Nurcahyo, Koordinator Devisi Penindakan Pelanggaran Pemilu, berdasarkan keterangannya pelaku A, akan membagikan uang pecahan senilai Rp 20 ribu dan Rp 50 ribu ke masing masing warga yang sudah tercatat. Selanjutnya meminta untuk memcoblos salah satu Caleg DPRD Ponorogo yang sudah memberi uang tersebut.

Sementara atas perbuatannya pelaku dapat terjerat dengan pasal 523 ayat 2 dan pasal 278 ayat 2 dengan ancamam hukuman 4 tahun penjara atau denda Rp 48 juta.

Tinggalkan Balasan