Bawaslu Kabupaten Blitar Kabulkan Gugatan Bacaleg Mantan Koruptor

Blitar – Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Blitar, mengabulkan gugatan Bacaleg eks koruptor. Dalam sidang tersebut, dihadiri oleh pihak pemohon, yakni Edi Mukhlison dan penasehat hukumnya yang juga pihak termohon, yakni pihak KPUD Kabupaten Blitar.

Sidang ajudikasi penyelesaian sengketa proses pemilu digelar, karena Edi Mukhlison yang merupakan ketua DPD Partai Golkar, dinyatakan Tidak Memenuhi Syarat (TMS) oleh KPUD Kabupaten Blitar, karena berstatus sebagai mantan napi koruptor.

Dalam pembacaan putusan sidang penyelesaian sengketa pemilu, Bawaslu menyatakan jika putusan tersebut sudah sesuai dengan undang undang, dan memerintahkan KPUD Kabupaten Blitar untuk memasukkan Edi Mukhlison ke dalam Daftar Caleg Sementara (DCS).

Usai persidangan Edi Mukhlison langsung melakukan sujud syukur di ruang persidangan, sebagai bentuk syukur gugatannya dikabulkan. “Saya yakin akan memenangkan gugatan, karena berpedoman kepada UU yang dianggap lebih kuat dari PKPU,” jelas Edi Mukhlison.

Sementara Komisioner KPUD Kabupaten Blitar, Nikmatus Sholikah, mengatakan, terkait sidang putusan Bawaslu Kabupaten Blitar ini, pihaknya masih menunggu sidang uji materi dari Mahkamah Agung.

“Dalam waktu dekat KPUD akan melakukan rapat pleno, untuk membahas sidang putusan dari Bawaslu tersebut,” ujar Nikmatus Sholikah.

Padahal ketua partai politik golkar, Erlangga Hartanto, menyatakan, jika calon legislatif yang diusung golkar bersih dari para koruptor. (Moch. Asrofi)

Tinggalkan Balasan