Banwaslu Kota Blitar Gandeng Babinkamtibmas Awasi Pemilu 2019

Blitar – Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Kota Blitar mengajak seluruh komponen masyarakat untuk tidak pantang menyerah dalam melakukan pengawasan pelaksanaan Pemilu 2019 mendatang.

Partispasi masyarakat dalam pengawasan Pemilu sangat penting demi terwujudnya penyelenggaraan Pemilu yang baik (Bersih Demokratis). Untuk mewujudkan hal tersebut salah satunya Panwaslu Kota Blitar merangkul Bhayangkara Pembina Ketertiban Masyarakat (Babinkamtibmas), yang bertugas di masing – masing kelurahan di Kota Blitar dengan menggelar sosialisasi pendampingan Babinkamtibmas untuk pengawasan partisipatif pada pemilu DPR,DPD dan DPRD serta Pilpres 2019 yang berlangsung di Hall Puri Perdana Blitar, Selasa ( 8/5/2018).

Menurut Ketua Panwaslu kota Blitar, Muklis Wibowo, sosialisasi Pendampingan Babinkamtibmas untuk pengawasan Pemilu partisipatif ini sangat penting, mengingat peran Babinkamtibmas sangat besar sebagai Pembina di masyarakat.

 

“Bawaslu bersama rakyat awasi Pemilu bersama Bawaslu tegakkan keadilan Pemilu dengan melibatkan peran Babinkamtibmas segala permasalahan yang akan timbul di masyarakat segera bisa diidentifikasi atau di cegah, tidak hanya Babinkamtibmas saja partisipasi masyarakat sangat di butuhkan untuk melakukan pengawasan Pemilu secara aktif, karena dalam mengawasi Pemilu ini bukan hanya peran Panwaslu saja,” Kata Muklis Wibowo kepada media.

Sementara itu AKP. Dorahman Nara Sumber dari Polres Blitar Kota, dalam paparannya menyampaikan sebagai alat negara polisi berperan aktif dalam memelihara keamanan dan ketertiban masyarakat, menegakkan hukum dan memberikan perlindungan, pengayoman serta pelayanan kepada masyarakat.

“Babinkamtibmas harus memegang tugas pokok yakni melakukan pembinaan masyarakat, deteksi dini dan mediasi agar tercipta situasi yang kondusif di masyarakat, itu yang terpenting, sehingga pelaksanaan pemilu berjalan baik,“ Ungkapnya.

Lanjut Dorahman mengatakan, sinergitas dalam pengawasan Pemilu sangat penting sehingga di butukan kerjasama dan koordinasi kepolisian dan Panwaslu serta stakeholder didaerah untuk melakukan pengawasan, pengamanan pada setiap tahapan pelaksanaan pemilu, agar peyelenggaraan pemilu dapat berjalan dengan aman dan lancar. ( Moch.Asrofi)