Banjir Rendam Ribuan Rumah Warga Jombang

Banjir 2 meter rendam ribuan rumah warga Jombang. Foto : Saiful Mualimin

 

Jombang – Hujan deras yang mengguyur Kabupaten Jombang sejak Rabu malam membuat sejumlah aliran sungai meluap. Akibatnya ribuan rumah terendam banjir dengan ketinggian mencapai 2 meter.

Banjir merendam ribuan rumah di Kabupaten Jombang  sejak Kamis (22/2) dini hari.  Kondisi terparah parah berada di Desa Kademangan, Kecamatan Mojoagung. Air dengan ketinggian lebih dari 2 meter ini, merendam lebih dari 700 rumah warga.

Banjir di kawasan ini disebabkan aliran  Sungai  Catak Banteng dan Sungai Pancir meluap dan membanjiri rumah warga.

Sejumlah relawan mulai menyisir dan mengungsikan warga ke tempat yang lebih aman. Seperti di rumah saudara yang tidak terdampak banjir, dan juga balai desa setempat. Namun tidak sedikit warga yang memilih bertahan di rumah mereka.

Umar salah satu warga mengatakan, banjir ini disebabkan hujan yang mengguyur sangat lebat sejak Rabu malam. Tingginya curah  hujan membuat aliran sungai meluap dan meluber menggenangi rumah warga.

Sementara itu Senen Camat Mojoagung mengatakan,  ada 16 desa di 3 kecamatan yang terendam banjir. Yakni di Kecamatan Ngoro 3 desa,  Kecamatan Mojowarno 2 desa, dan Kecamatan Mojoagung  7  desa.

Banjir yang menerjang kawasan ini hampir setiap tahun terjadi saat  musim penghujan. Tingginya curah hujan membuat sungai yang  dangkal tidak mampu menampung. (Saiful Mualimin)

 

Tinggalkan Balasan