Banjir Rendam Hektaran Padi Warga Jombang

kondisi sawah warga yang terendam banjir seminggu terakhir

Jombang – Hujan yang melanda di sejumlah wilayah di Kabupaten Jombang menyebabkan banjir di lahan pertanian. Seperti yang terjadi di Desa Karangdagangan Kecamatan Bandarkedungmulyo. Sedikitnya delapan hektare lahan persawahan terendam banjir sejak satu minggu terakhir. Ketinggian air bervariasi mulai dari 70 sentimeter hingga 2  meter.

Selain di desa ini banjir juga merendam puluhan hektare tanaman padi  di empat kecamatan yaitu di wilayah Kecamatan Tembelang, Kecamatan Megaluh, Kecamatan Kesamben, Dan Kecamatan Bandarkedungmulyo.

Subadi salah satu petani mengaku  lahan persawahan ini telah ditanami padi. Akibatnya tanaman padi yang telah berusia rata-rata 20 hari mati dan membusuk sehingga dipastikan petani mengalami kerugian cukup besar. Sebab selain kerugian akibat tanaman yang membusuk juga akibat menganggurnya petani selama lahan masih banjir. “Banjir ini tahunan. Ya harapannya pemerintah segera memperbaiki irigasinya.” ujar pria paruh baya tersebut.

Lukman Hakim Perangkat Desa Karangdagangan mengatakan sebenarnya kebanjiran lahan seperti ini bukan kejadian baru melainkan kejadian tahunan.  Sayangnya hingga saat ini belum ada tindakan pemerintah untuk menormaliasi sungai sehingga ketinggian air sungai masih tetap seimbang dengan ketinggian lahan. “Total kurang lebih delapan hektare lahan yang terendam banjir.” kata Lukman Hakim.

Musim hujan yang masih berlangsung memungkinkan ketinggian air masih akan bertambah lagi sehingga luas lahan yang akan terendam juga masih akan bertambah. (Saiful)

Tinggalkan Balasan