Asiknya Berwisata Petik Buah Pepaya Pendek

Nganjuk – Bila anda memilih Kabupaten Nganjuk sebagai destinasi wisata  dalam mengisi liburan Anda bisa singgah ke wisata agro kebun pepaya. Wisata yang dikenal dengan wisata petik buah pepaya ini memiliki keunikan yaitu pohon pepaya yang sangat pendek dan sudah berbuah lebat sehingga Anda bisa lebih bebas untuk memetiknya dengan harga yang sangat murah. Wisata edukasi ini terletak di Dusun Kuniran Desa Jekek Kecamatan Baron Nganjuk.

Kebon milik desa sebagai pengembangan wisata desa ini memiliki luas lima hektar  terdapat ratusan pohon pepaya dengan ribuan buahnya yang bergelantungan. Pemandangan yang unik itu  tentu saja menarik perhatian pengunjung sehingga sejumlah warga dari berbagai daerah baik lokal Nganjuk dan sekitarnya mulai mendatangi wisata petik buah ini.

Juwariyah wisatawan asal Nganjuk menuturkan ia bersama warga lainnya mendatangi wisata petik buah pepaya itu karena penasaran dengan bentuk pohon dan besar buanya. “yang menarik pohon pepayanya pendek tidak terlalu tinggi. Bisa memilih buahnya sendiri. Ditempat lain jarang ditemukan seperti ini.” ujar wanita berhijab itu.

Sementara menurut Ahmad Mujiono penanggungjawab dari badan usaha milik desa Jekek,  wisata agro petik buah pepaya ini merupakan potensi wisata milik desa yang dikembangkan oleh warga desa sendiri.  “Jadi yang kita tampilkan semua ada, mulai dari wisata edukasi bagi anak-anak hingga wisata keluarga.” kata Ahmad Mujiono.

Disamping menanam buah pepaya warga mengembangkan varian buah naga dan buah peredu serta sayur-sayuran. Buah naga misalnya, warga banyak memanfaatkan lahan kosong di depan rumahnya untuk ditanami buah naga sehingga dinamakan Gang Dollar karena warganya bisa menghasilkan uang dari hasil panen buah naga.

Wisata buah pepaya baru sekitar setahun lalu dirintis. Dalam waktu 6 bulan pepaya sudah berbuah lebat  dan diperjualbelikan secara umum untuk menambah penghasilan warga sendiri. (Syarwani)

Tinggalkan Balasan