Antisipasi Penyakit Menyebar, Dinas Periksa Kesehatan Sapi

Blitar – Dinas Peternakan dan Perikanan Kabupaten Blitar, dibantu oleh balai besar veteriner wates Yogyakarta, memeriksa sampel dari feses sapi. Mereka juga memberi vitamin dan obat cacing, serta obat mata untuk sapi yang menderita kaskado, sapi milik warga di Desa Serang Kecamatan Panggungrejo Kabupaten Blitar.

Pemberian vitamin dan obat cacing dilakukan, agar kondisi sapi sehat dan nafsu makan bertambah. Cuaca yang tidak menentu saat ini, membuat kondisi sapi mudah terkena penyakit.

“Hingga saat ini kami masih menunggu hasil uji laboratorium terkait kematian tujuh ekor sapi di Srengat” ujar Nanang Miftahudin Kasi Pencegahan Pemberantasan Penyakit Hewan Dinas Peternakan dan Perikanan Kabupaten Blitar.

Adanya pemeriksaan kesehatan ini disambut baik oleh peternak sapi. Mereka mengeluhkan turunnya nafsu makan sapi, serta penyakit mata dan diare. “Peternak berharap sapi terhindar dari penyakit yang menyebabkan kematian”, ucap Dody Prasetyo peternak sapi.

Sebelumnya sebanyak tujuh ekor sapi milik warga mati dalam waktu satu buan terakhir. Sapi tersebut mati setelah sebelumnya mengalami sakit dengan ciri ciri hidung berair, nafsu makan turun dan mengeluarkan suara dengkuran keras. Pihak dinas belum bisa memastikan penyebab kematian sapi tersebut. (Moch. Asrofi).

Tinggalkan Balasan