Antisipasi Kelangkaan Elpiji 3 Kg, Pemkot Kediri Sidak ke Agen Dan Pangkalan

Kediri – Cegah terjadinya kelangkaan gas elpiji pada bulan ramadhan, tim gabungan kepolisian Resort Kediri bersama Dinas Perindustrian Dan Perdagangan Dan Himpunan Pengusaha Minyak Dan Gas, melakukan inspeksi mendadak ke sejumlah agen dan pangkalan elpiji.

Petugas langsung memeriksa stok elpiji di gudang, ternyata sebagian besar tabung elpiji ukuran tiga kilogram kosong karena pasokan harian belum datang. Kondisi serupa terjadi di agen elpiji di jalan PK Bangsa Kota Kediri.

“Dari hasil sidak diketahui telah terjadi peningkatan permintaan gas elpiji tabung melon hingga 50 persen untuk keperluan konsumsi selama beberapa hari terakhir ,” terang Dian Ariani Kabid Perdagangan Disperindag Kota Kediri.

Kekosongan PT. Pertamina telah menambah pasokan diatas kebutuhan harian, sebagaimana permintaan Himpunan Pengusaha Minyak Dan Gas (hiswanamigas) Kediri.

“Petugas berusaha mencegah terjadinya kelangkaan dengan memberlakukan sistem larangan menjual ke luar daerah bagi seluruh agen, pangkalan maupun pengecer. mengingat beberapa daerah sekitar seperti Tulungagung dan Trenggalek kini mulai mengalami kelangkaan. Tambahnya.

Untuk jatah agen di Kota Kediri kurang lebih 200 tabung setiap hari. Quota ini kemudian didistribusikan ke pangkalan dan diambil pengecer untuk disalurkan kepada masyarakat. Apabila ke depan terjadi peningkatan permintaan kembali, tim gabungan akan meminta dropping tambahan ke PT. Pertamina. (Beny)