ANTISIPASI BENCANA KABUPATEN BLITAR GELAR APEL SIAGA

Blitar – Pemerintah Kabupaten Blitar menggelar Apel Kesiapsiagaan Bencana Alam, Rabu (5/12/2018) di alun – alun Kanigoro. Apel siaga gabungan ini sebagai bagian dari persiapan mengantisipasi bencana alam, dan dampak negatif musim hujan 2018.

Kegiatan ini dihadiri oleh Bupati Blitar Rijanto,Wakil Bupati Blitar Marhaenis Urip Widodo, Kapolres Blitar AKBP. Anissulah M.Ridha, Dandim 0808/Blitar Letkol Inf Kris Bianto, Kajari Blitar Amrullah beserta anggota dan para tamu undangan lainnya.

Menurut Bupati Blitar, Apel kesiagaan ini dimaksudkan dalam rangka mengantisipasi dampak dari bencana alam yang mungkin akan terjadi di wilayah Blitar. Sedangkan tujuan diadakannya apel siaga ini adalah untuk membangun sinergitas serta mengkonsolidasikan satuan-satuan fungsi operasional dan pembinaan sehingga dengan kegiatan ini diharapkan satuan pelaksana operasional mempunyai langkah tindak lanjut yang sama dan selalu terkoordinir dengan Baik dalam pelaksanaan tugas dilapangan.
Melalui berbagai persiapan tersebut, diharapkan dapat mengurangi resiko bencana, dan meringankan beban masyarakat, jika terjadi banjir, tanah longsor, dan bencana lainnya.
“Seluruh personel siaga untuk mempersiapkan diri dan peralatan secara maksimal, sehingga sewaktu-waktu siap turun ke lokasi bencana membantu masyarakat,” tandasnya.

Sementara itu menurut Wakil Bupati Blitar, Marhaenis U.W mengatakan Blitar sudah memasuki musim hujan. Perlu dilakukan tindakan antisipasi, kemungkinan terjadinya bencana seperti banjir dan tanah longsor. “Melalui apel siaga gabungan, baik kepolisian, TNI, Pemkab Blitar dan masyarakat harus cepat dan tanggap dalam mengantisipasi maupun menghadapi bencana yang mungkin terjadi saat memasuki musim hujan. Mulai dari banjir, tanah longsor, hingga hujan yang disertai angin kencang,” ungkap Marhaenis.U.W.
Di musim hujan, seperti tahun-tahun sebelumnya, Kabupaten Blitar berpotensi mengalami banjir, tanah longsor, tim gabungan harus bergerak cepat.

“Untuk menanggulangi kemungkinan terjadinya bencana dampak negatif musim hujan, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Blitar menyiagakan personel dan peralatan yang sewaktu-waktu bisa diturunkan di lokasi bencana,” pungkasnya.

Selesai pelaksanaan apel siaga bencana, Bupati dan Wakil Bupati Blitar di dampingi oleh forpimda melakukan pengecekan alat serta perlengkapan untuk kesiapan bencana alam yang di siapkan oleh tim gabungan siaga bencana. (Ervin)

Tinggalkan Balasan