Akibat Gempa 6,7 SR , Ratusan Rumah Warga , Gedung DPRD Dan Kantor Bupati Blitar Rusak

Gedung DPRD dan Kantor Bupati Blitar Di Kanigoro Rusak Parah Akibat Di Guncang Gempa 6.7 SR , Kamis (10/04/2021)

Blitar,JTV Mataraman : Gempa berkekuatan 6,7 skala richter mengguncang wilayah Kabupaten Blitar, sabtu (10/04/2021) sore. Dampak gempa itu menyebabkan sejumlah rumah warga dan fasilitas pemerintahan rusak parah.

Kerusakan turut diterjadi di Gedung DPRD dan Kantor Bupati Blitar yang berlokasi di Kanigoro mengalami kerusakan cukup parah. Yudi , Satpam DPRD menuturkan akibat guncangan gempa sejumlah ruangan DPRD rusak  dan terparah bagian ruang paripurna.

“ Guncangan gempa  tadi sangat kuat , banyak genteng yang runtuh ,  kerangka bagian atap plafon  ruang paripurna roboh serta di beberapa bagian gedung juga ambrol “ Kata Yudi Kepada JTV Mataraman.

Wakil Ketua DPRD Kabupaten Blitar, Mujib  mengungkapkan berdasarkan laporan yang ia terima , selain  kerusakan terparah di ruang  paripurna, kerusakan juga terjadi di ruang komisi dan ruang fraksi.

“  Saat ini  seketariat DPRD masih melakukan pendataan berapa bagian rusak , yang pasti pasca kejadian ruang paripurna sementara ditutup karena  rusak parah , enggak  mungkin bisa digunakan.” Jelasnya.

Sedangkan Kantor Bupati Blitar , di Kanigoro  dari  pantauan dilapangan  sebagian  besar genteng runtuh, beberapa bagian plapon jebol serta tembok retak.

Rumah Warga Di Kabupaten Blitar Rusak Berat Akibat Di Guncang
Gempa 6.7 SR , Kamis (10/04/2021)

Narin  seorang warga Mulyono warga Kelurahan  Kuaman Kecamatan Srengat ,  juga di buat panik tiba – tiba bumi berguncang saat gempa datang. “ Waah takut bener, tadi dua kali terjadi  guncangan keras sa’at saya bersama temen  sedang bekerja mengecat plafon rumah . Kwatir rumah roboh saya langsung lari keluar rumah mencari aman.” Tuturnya.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Blitar Achmad Cholik belum dapat memberikan banyak keterangan. 

 “ Kami masih menunggu laporan dari para kepala desa dari data sementara  terdapat ratusan bangunan yang rusak , dampak kerusakan gempa bumi terjadi di hampir seluruh wilayah Kabupaten Blitar bagian timur dan selatan hingga bagian tengah seperti Kecamatan Kanigoro.” tuturnya.

Gempa bermagnitudo 6,7 mengguncang Kabupaten Malang, Jawa Timur, dan sekitarnya pada Sabtu (10/4/2021) sekitar pukul 14.00 WIB. Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) menyatakan, pusat gempa berada di 90 kilometer barat daya Kabupaten Malang. Pusat gempa yang berada di lepas pantai memiliki kedalaman 25 kilometer. (As)

Tinggalkan Balasan