Ajak Jaga Kondusifitas, Bupati Blitar Undang FKUB

Blitar – Bupati Blitar H. Rijanto menggelar pertemuan dengan para tokoh Agama yang tergabung dalam Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) serta elemen masyarakat, Kamis (25/10/2018).

Tampak hadir dalam pertemuan tersebut Waka polres Blitar Kota dan Kabupaten, Kasdim dan Kajari. Pertemuan ini bertujuan untuk menyikapi adanya permasalahan yang sedang viral di media akhir-akhir ini tentang pembakaran bendera berlafadzkan kalimat tauhid oleh anggota Banser di Garut Jaw Barat.

Bupati Blitar H. Rijanto, menyayangkan kejadian tersebut dan berharap tidak menimbulkan gejolak di masyarakat kabupaten Blitar. “Hari ini Forpimda bersama FKUB dan unsur media kumpul untuk bersama-sama menyatakan komitmen menjaga suasana kondusif di kabupaten Blitar.” katanya.

Lanjut Rijanto peristiwa Garut sudah ditangani aparat penegak hukum dan percayakan kepada mereka. “Kami yang di derah enggak perlu saling menuding dan kami minta peran serta para tokoh agama di daerah turut membuat sejuk masyarakat.” Tambahnya.

Sementara itu ketua MUI kabupaten Blitar KH. Ahmad Zamroji sangat mendukung adanya pertemuan yang diinisiasi oleh Bupati Blitar, sehingga ekses peristiwa Garut tidak sampai di kabupaten Blitar. “Sangat baik semua tokoh lintas agama berkumpul menjaga kondusifitas daerah”. Tuturnya.

Dalam pertemuan tersebut juga di langsungkan deklarasi dan dilakukan tanda tangan pernyataan sikap seluruh komponen masyarakat kabupaten Blitar terdiri bupati Blitar, ketua MUI, perwakilan media, ketua PD Muhammadiyah, ketua LDII, ketua FKUB, dan Polres Blitar. Dalam hal ini jika ada hal-hal yang tidak baik dan tidak beres berusaha untuk memecah belah persatuan termasuk berita bohong segera untuk melaporkan pada aparat kepolisian.

“Kita tinggal menjaga daerah kita jangan sampai ada upaya-upaya untuk memecah belah persatuan, untuk meyebarkan berita bohong yang akhir-akhir ini selalu marak. Lha ini menjadi tanggung jawa bersama-sama. Tentunya warga masyarakat harus waspada dan cermat.” Kata H. Rijanto bupati Blitar. (Ervin)

Tinggalkan Balasan