5 Santri Asal Indramayu Akhirnya Bisa Pulang Kampung, Setelah Dinyatakan Sehat.

Kediri – 5 orang santri dari Malang yang akan menuju Indramayu Jabar, dan sempat dikarantina di Tempat Observasi Poltek Kediri, akhirnya bisa dipulangkan. Mereka bisa melanjutkan perjalanan, setelah dinyatakan sehat dan dicarikan mobil carteran.

Menurut Khalifah salah satu santriwati, pondok memulangkan seluruh santrinya ke kampung halaman masing-masing. “Kalau tetap tinggal, makan akan susah dan uang kami juga menipis,” kata Khalifah yang sudah mondok 4 tahun di Malang.

Kedatangan mereka semalam disalah satu Hotel di Kediri menimbulkan resah warga sekitar yang melihat. Warga sadar bahwa setiap pendatang harus lapor lalu ke Ruang Observasi oleh karena itu, warga pun melaporkan ke Satpol PP yang sedang bertugas.

Oleh tim gabungan, kelima santri tersebut dibawa ke Ruang Observasi Poltek Kediri untuk menjalani prosedur observasi. Mulai dari cek kesehatan hingga istirahat sampai esok hari meski mereka sebetulnya sudah check in hotel.

Akhirnya, mereka bisa mendapatkan kendaraan carteran dari Surabaya untuk membawa ke Indramayu pukul 12.30 WIB, Kamis (30/04). “Kami akan menyertakan surat jalan agar tidak terkena check point saat dijalan,” jelas Fanni Eryanto, Petugas UPT Damkar.

Kesadaran warga Kota Kediri untuk mengawasi pendatang semakin meningkat. Dari data yang terkumpul, Ruang Observasi Poltek Kediri sudah mengobservasi 1.686 warga. Tercatat seminggu terakhir, banyak warga yang datang atas inisiatif sendiri. (ben)

Tinggalkan Balasan