429 Rumah Warga Tulungagung Rusak Akibat Diterjang Angin Kencang

Tulungagung – Dari data Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Tulungagung, bencana puting beliung yang terjadi pada Senin (9/4/2018) sekitar pukul 15.00 WIB, menerjang tiga kecamatan Kecamatan Sumbergempol, Boyolangu, dan Gondang.

Kepala BPBD Tulungagung Soeroto menjelaskan, untuk warga yang terdampak Kecamatan Sumbergempol ada enam desa, yaitu Desa Doroampel, Junjung, Wonorejo, Bendiljati Kulon, Tambakrejo, dan Podorejo sejumlah 312 Kepala Keluarga (KK). Di Kecamatan Boyolangu di Desa Karangrejo, 31 rumah, dan di Kecamatan Gondang ada dua desa yakni Desa Gondosuli dan Macanbang yang menerjang 86 KK.

“Total ada sekitar 429 rumah yang diterjang angin kencang, namun untuk korban jiwa tidak ada. Mayoritas mengalami rusak ringan namun korbannya cukup banyak,” Jelas Soeroto Kepala BPBD Tulungagung.

Soeroto menambahkan, bencana angin disertai huja sering terjadi saat peralihan musim penghujan ke musim kemarau. Dimulai dengan cuaca yang cukup panas, dan tiba – tiba terjadi mendung tebal, bisa dipastikan sering terjadi angin puting beliung.

“Untuk intensitas hujan diperkirakan masih sering terjadi, namun intensitasnya sudah mulai menurun. Kendati demikian masyarakat harus tetap waspada terhadap dampak perubahan musim ini,” pungkasnya. (Danu)

 

Tinggalkan Balasan