4 Pantai di Tulungagung Rawan Gelombang Tinggi dan Banjir Rob

Tulungagung – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Tulungagung, mengimbau kepada seluruh warga yang bermukim di kawasan pesisir pantai selatan, untuk selalu mewaspadai gelombang tinggi yang terjadi dalam beberapa hari terkahir ini. Sesuai data dari BMKG, gelombang hingga setinggi 6 meter akan terjadi hingga pekan depan.

Gelombang tinggi ini terjadi merata di seluruh pesisir selatan jawa, selain mengakibatkan banyak kapal nelayan rusak, gelombang ini juga menyebabkan banjir rob dan masuk ke kawasan pemukiman warga.

Kepala BPBD Tulungagung, Soeroto, menyatakan, terdapat 4 pantai yang termasuk wilayah rawan gelombang tinggi dan banjir rob, yaitu pantai sine, pantai popoh, pantai sidem dan pantai brumbun.

“Di kawasan pantai tersebut, terdapat pemukiman warga hanya berjarak 10 hingga 20 meter dari tepi pantai,” ujar Soeroto.

Untuk memantau gelombang tinggi ini, BPBD menyiagakan tim relawan yang disebar di setiap pantai. Mereka melakukan laporan secara berkala, terkait kondisi gelombang saat ini.

Dari surat yang dikeluarkan oleh BMKG, gelombang ini diperkirakan akan terjadi, hingga pekan depan. “Masyarakat serta pengunjung diimbau sementara waktu, untuk tidak melakukan aktivitas di tepi pantai,” pungkas Soeroto. (Danu)

Tinggalkan Balasan