1214 Siswa SD Se-Kabupaten Kediri Gelar Tari Massal Penthul Marucul

Kediri – Sebanyak 1.214 siswa Sekolah Dasar se – Kabupaten Kediri, menggelar tari tradisonal penthul marucul dalam rangka menyemarakanan hari jadi Kabupaten Kediri ke – 1.214. Tari topeng kolosal ini digelar di kasawan monumen simpang lima gumul yang mencerikatakan penyamaran panji, yang turun ke pelosok wilayah kerajaan untuk melihat kondisi masyarakat.

dalam kisah diceritakan, penyamaranya Panji untuk mengetahui kondisi, dan mendengar keluh kesah masyarakat sehingga dapat mengetahui dan mencari solusi agar masyarakat hidup sejahtera dan hidup damai.
“Selain untuk melestarikan seni budaya lokal,acara ini digelar untuk mengenalkan potensi daerah dan menarik wisatawan datang ke Kabupaten Kediri”. Kata panitia acara Joko Susilo.

ribuan warga Kediri hadir dan melihat langsung tari kolosal yang melibatkan siswa sekola dasar tersebut. warga mengaku senang dengan pertunjukan kesenian yang digelar secara kolosal, karena kesenian asli kediri dapat dikenal hingga luar Kediri.

Dalam rangkaian tari kolosal ini juga dirangkai dengan Tari Gambyongan Doko, dan Tari Kucingan Kediren.
Kemudian acara ditutup dengan prosesi hari jadi dengan serangkaian pembacaan prasasti harinjing, yang menceritakan penghargaan raja kepada pendeta yang berhasil membuat saluran sungai bernama harinjing. (Zainurofi)

Tinggalkan Balasan